Pengertian K3 Beserta Fungsi & Tujuan (Kesehatan Keselematan Kerja)

 

Apa tersebut K3? K3 adalahsingkat dari kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan kata beda K3 adalahistilah yang mengacu pada kesehatan, keselamatan, dan bahkan kesejahteraan insan di suatu institusi atau lokasi kerja, baik kantor, pabrik, proyek, perusahaan, dan sebagainya.

Istilah K3 juga familiar untuk para pelaku usaha dan tenaga kerjanya. Tujuan K3 ialah untuk memberi perlindungan dan garansi keselamatan pada suatu lingkungan kerja. Tidak hanya untuk para tenaga kerja, namun juga untuk keluarganya dan pun konsumen produk tersebut.

 

Distributor Convex Mirror Jakarta – Pelaksanaan K3 di dunia kerja di Indonesia juga ditata dalam undang-undang, yaitu Undang-Undang No 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja serta Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Hal ini menciptakan semua perusahaan yang berdiri di Indonesia mesti menyimak aspek K3-nya.

Tujuan K3 menurut keterangan dari undang-undang ialah untuk menangkal terjadinya kemalangan dan sakit disebabkan pekerjaan. Di samping itu, K3 juga bermanfaat untuk mengayomi semua sumber produksi supaya dapat dipakai secara efektif oleh perusahaan.

Pengertian K3 – Apa tersebut K3? K3 adalahsingkat dari kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan kata beda K3 adalahistilah yang mengacu pada kesehatan, keselamatan, dan bahkan kesejahteraan insan di suatu institusi atau lokasi kerja, baik kantor, pabrik, proyek, perusahaan, dan sebagainya.

Istilah K3 juga familiar untuk para pelaku usaha dan tenaga kerjanya. Tujuan K3 ialah untuk memberi perlindungan dan garansi keselamatan pada suatu lingkungan kerja. Tidak hanya untuk para tenaga kerja, namun juga untuk keluarganya dan pun konsumen produk tersebut.

 

Pelaksanaan K3 di dunia kerja di Indonesia juga ditata dalam undang-undang, yaitu Undang-Undang No 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja serta Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Hal ini menciptakan semua perusahaan yang berdiri di Indonesia mesti menyimak aspek K3-nya.

Tujuan K3 menurut keterangan dari undang-undang ialah untuk menangkal terjadinya kemalangan dan sakit disebabkan pekerjaan. Di samping itu, K3 juga bermanfaat untuk mengayomi semua sumber produksi supaya dapat dipakai secara efektif oleh perusahaan.

 

Pengertian K3
Berikut akan diterangkan apa tersebut pengertian kesehatan dan keselamatan kerja (K3) beserta fungsi, manfaat, dan tujuannya.

Definisi K3 Secara Umum
Pengertian K3 secara umum ialah suatu upaya yang dilaksanakan untuk meyakinkan keutuhan dan kesempurnaan fisik dan rohani tenaga kerja pada khususnya, dan masyarakat pada lazimnya terhadap hasil karya dan kebiasaan menuju masyarkat adil dan makmur.

Sedangkan secara keilmuan, K3 ditafsirkan sebagai sebuah bidang ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam upaya menangkal terjadinya kemalangan dan penyakit dampak kerja.

Pengertian K3 Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Di bawah ini adalahpendapat dan teori para berpengalaman dan pakar mengenai pengertian K3 selengkapnya.

Berdasarkan keterangan dari WHO (World Health Organization)

Pengertian K3 menurut keterangan dari WHO atau World Health Organization ialah suatu upaya yang bertujuan untuk menambah dan merawat derajat kesehatan fisik, mental, dan sosial yang setinggi tingginya guna pekerja di seluruh jenis pekerjaan.

K3 pun bertujuan sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan kesehatan pekerja yang diakibatkan oleh pekerjaan. K3 bisa juga ditafsirkan sebagai perlindungan untuk pekerja dalam pekerjaannya dari resiko dampak faktor yang merugikan kesehatan.

Berdasarkan keterangan dari Ardana

Arti K3 menurut keterangan dari Ardana ialah upaya perlindungan yang ditujukan supaya tenaga kerja dan orang beda di lokasi kerja tidak jarang kali dalam suasana selamat dan sehat sampai-sampai setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.

Berdasarkan keterangan dari Simanjuntak (1994)

Pengertian K3 menurut keterangan dari Simanjutak ialah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kemalangan dan kehancuran dimana anda bekerja yang merangkum tentang situasi bangunan, situasi mesin, perlengkapan keselamatan, dan situasi pekerja.

Berdasarkan keterangan dari Mathis dan Jackson

Pengertian K3 ialah kegiatan yang memastikan terciptanya situasi kerja yang aman, terhindar dari gangguan jasmani dan mental melewati pembinaan dan pelatihan, pengarahan dan kontrol terhadap pengamalan tugas dari karyawan dan pemberian pertolongan sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dari lembaga pemerintah maupun perusahaan dimana mereka bekerja.

Berdasarkan keterangan dari John Ridley (1983)

Definisi K3 menurut keterangan dari John Ridley adalahsuatu situasi dalam kegiatan yang sehat dan aman baik itu untuk pekerjaannya, perusahaan maupun untuk masyarakat dan lingkungan selama pabrik atau lokasi kerja tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Widodo

Definisi K3 menurut keterangan dari teori Widodo ialah bidang yang bersangkutan dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan insan yang bekerja di suatu institusi maupun tempat proyek.

 

Berdasarkan keterangan dari Sedarmayanti (1996)

Kesehatan dan keselamatan kerja ialah pengawasan terhadap orang, mesin, material, cara yang merangkum lingkungan kerja supaya pekerja tidak merasakan cedera.

Berdasarkan keterangan dari Lalu Husni (2003)

Berdasarkan keterangan dari Lalu Husin, K3 ditinjau dari sudut keilmuan ialah ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah bisa jadi terjadinya kemalangan dan penyakit dampak kerja di lokasi kerja

Berdasarkan keterangan dari Hadiningrum

K3 ditafsirkan sebagai suatu format pengawasan terhadap SDM, mesin, material, dan cara yang merangkum lingkungan kerja supaya pekerja tidak merasakan kecelakaan.

Berdasarkan keterangan dari Suma’mur (2001)

K3 menurut keterangan dari Suma’mur ialah rangkaian usaha untuk membuat suasana kerja yang aman dan tentram untuk para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Berdasarkan keterangan dari Flippo

Pengertian K3 adalahpendekatan yang spesifik, penentuan kepandaian pemerintah atas praktek praktek perusahaan di lokasi kerja dan pelaksanaannya melewati surat panggilan, denda, dan sanksi lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Mangkunegara

Keselamatan dan kesehatan kerja adalahsuatu pemikiran dan upaya untuk memastikan keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan insan pada umumnya, hasil karya dan kebiasaan untuk mengarah ke masyarakat adil dan makmur.

Berdasarkan keterangan dari Jackson (1999)

K3 menurut keterangan dari Jackson menunjukkan untuk kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang disebabkan oleh dunia kerja yang disediakan oleh perusahaan.